Lima Faktor Penyebab Umum Susah Hamil

Screenshot_230

Sudah melakukan hubungan intim secara teratur tanpa menggunakan alat kontrasepsi, namun belum juga membawakan hasil untuk mendapatkan keturunan? Apabila kondisi ini lebih dari satu tahun, maka sebaiknya untuk memeriksakan diri ke dokter ahli agar jelas penyakit yang anda derita, karena dikhawatirkan anda mengidap penyakit infertilitas.

“Orang-orang akan terkejut setelah mengetahui bagaimana seseorang tidak bisa melakukan reproduksi” kata Direktur Divisi Endokrinologi Reproduksi dan Infertilitas di Rumah Sakit Mount Sinai, Dr. Alan B. Copperman. “Tidak semua telur itu normal dan telur yang normal yang merupakan impian. Sebenarnya hanya ada sekitar 15 sampai 20% kesempatan hidup telur dalam setiap bulan yang bisa mengakibatkan pasangan anda bisa hamil” Jelas Copperman.

Sementara itu apabila kita melihat semua penyebab infertilitas, maka masalah terbesar ada pada kaum laki-laki sebesar 40%. Jadi apalagi yang bisa terjadi? Untuk wanita dibawah ini merupakan penyebab paling umum ketidaksuburan.

1. Polycystic ovary syndrome (PCOS)

PCOS adalah penyebab yang paling umum dari ketidaksuburan pada seorang wanita. Kondisi ini disebabkan karena ketidakseimbangan hormon yang menghasilkan serangkainan kista kecil pada ovarium.

Hal ini juga akan mengganggu seluruh siklus yang menyebabkan mestruasi tidak teratur dan bahkan tidak ada periode sama sekali sela beberapa bulan pada satu waktu.

2. Faktor hormonal lain yang berdampak ovulasi

Ovulasi yang tidak teratur juga merupakan penyebab utama di sekitar 25% kasus infertilitas . Sementara PCOS adalah yang paling umum, namun ovulasi tidak teratur ini menyebabkan 70% kasus infertilitas dan ketidakseimbangan hormon bisa mempengaruhi atau menggangu ovulasi dengan cara lain dan mengurangi kesempatan untuk bisa hamil.

3. Endometriosis

Endometriosis merupakan satu kondisi dimana jaringan yang melapisi rahim mulai tumbuh di tempat-tempat lain, seperti di ovarium, di belakang rahim atau di saluran tuba falopi dan menyebabkan iritasi dan pengembangan jaringan perut.

4. IMS, infeksi lain, dan pertumbuhan dalam sistem reproduksi

Endometriosis adalah perubahan fisik yang paling umum pada sistem reproduksi yang mempengaruhi kesuburan. Akan tetapi perubahan anatomi lainnya di uterus, ovarium dan saluran indung telur bisa mempengaruhi kemampuan untuk bisa hamil.

Penyebab endometriosis adalah penyumbatan di saluran tuba. Infeksi tubal kemungkinan besar disebabkan oleh organisme yang dimulai di leher rahim dan kemudian naik ke saluran tuba.

5. Menunggu untuk hamil

Untuk seorang wanita. menunggu untuk bisa hamil merupakan kontributor besar terhadap infertilitas yang merupakan penyebab meningkatnya masalah kesuburan.

Baca Juga : Obat Manjur Khusus Untuk Penyubur Kandungan