Gerakan Senam Ibu Hamil agar Mudah Melahirkan Normal

By | November 25, 2016

Gerakan Senam Ibu Hamil agar Mudah Melahirkan Normal | Tidak semua ibu hamil bisa melahirkan dengan mudah, normal dan lancar. Ada juga dari mereka yang melahirkan sangat susah bahkan sampai tidak normal harus melakukan operasi caesar. Melahirkan secara mudah dan normal akan membuat kondisi seorang ibu hami cepat pulih danbisa memberikan ASI dengan baik. Untuk mendapatkan proses lahiran yang mudah dan normal memang tidaklah mudah, namun ada juga tips untuk mermpermudah proses lahiran, salah satunya adalah dengan gerakan senam ibu hamil agar mudah melahirkan secara normal.

Gerakan Senam Ibu Hamil agar Mudah Melahirkan Normal

Gerakan senam khusus untuk ibu hamil yang ingin melahirkan dengan mudah dan normal

  • Gerakan untuk sendi panggul

Gerakan yang pertama ini merupakan gerakan senam untuk membuat otot otot bagian punggung, paha serta panggul menjadi sangat kuat untuk siap-siap persalinan lahiran. Selain itu gerakan sendi panggul juga akan memperbaiki postur ibu hamil yang kurang baik dan akan berdampak pada masalah lahiran. Gerakan sendi panggul akan membuat aliran darah pada bagian tubuh bawah menjadi lancar.

Untuk cara gerakannya anda bisa lakukan dengan posisi duduk bersila dilantai dengan punggung yang lurus dan mengikuti dinding. Tekankan kedua lutut ke arah lantai dengan siku, dan cobalah anda untuk merasakan otot yang meregang di sekitar paha dalam. Apabila anda tidak bisa melakukan gerakan ini sendiri, maka anda juga bisa mencoba untuk bersandar pada bagian dinding. Lakukanlah gerakan tersebut selama 10 sampai 12 menit setiap harinya.

  • Senam kegel

Gerakan senam kagel dilakukan agar merangsang otot-otot bagian panggul seperti rahim, usus serta kandung kemih. Anda bisa mencoba untuk melakukan gerakan ini supaya proses lahiran anda berjalan mudah dan akan normal.

Untuk cara pergerakannya adalah dengan duduk di sebuah kursi yang rata, anda bisa mencobanya saat sedang buang air kecil di toilet. Kencangkan perut, pantat dan paha, lalu mulailah untuk merasakan sensasi panggul dikarenakan anda akan menghentikan aliran air, kemudian gunakan otot panggul untuk dasar gerakannya. Cobalah untuk merasakan kontraksi selama 5-10 menit. Cara ini sangat terbukti sebagai gerakan senam untuk ibu hamil agar proses lahiran menjadi normal dan lancar.

  • Gerakan jongkok

Gerkan terakhir adalah gerakan senam jongkok. Gerakan senam jongkok ini berfungsi untuk mempercepat proses persalinan, karena bisa mendorong pembukaan panggul secara alami. Saat ruang panggul menjadi lebih terbuka maka bayi pun akan mudah terdorong dan persalinan juga akan semakin lebih cepat. Anda bisa melakukan latihan ini saat memiliki waktu yang kosong atau bisa menyiapkan waktu yang khusus untuk melakukan gerakan senam jongkok.

Untuk melakukan gerakan senam jongkok, anda bisa mengmbil posisi berdiri dengan punggung menghadap dinding. Usahakan punggung benar-benar lurus dan tegak, lalu buka kaki selebar bahu dan tempatkan tangan disamping tubuh. Gerakan secara perlahan, tubuh anda kebawah hingga seperti posisi jongkok dan paha juga harus sejajar dengan lantai. Anda bisa melakukan gerakan senam ini selama 5 kali dalam sehari.

Baca Juga : Posisi Hubungan Intim Terbaik agar Cepat Hamil Anak Kembar

Itulah ketiga gerakan senam khusus untuk ibu hamil agar proses lahiran berjalan dengan normal dan lancar. Dengan adanya informasi ini, semoga setiap yang membacanya bisa melakukan ketiga gerakan senam diatas untuk mendapatkan proses lahiran yang mudah dan normal. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *